Kamis, 25 Oktober 2012

Mengapa photo didalam ruangan, terkadang backgroundnya gelap??

,
Mungkin anda sendiri pernah mengalami seperti hal yang pertama diatas, misalnya potret di dalam ruangan dengan ambient cahaya minim, lalu dengan sendirinya kamera memakai flash built up, apa yang terjadi? backgnya gelap, mungkin sangat gelap hampir tidak kelihatan, sedangkan objek sih ok.
  • faktor pertama yang paling mempengaruhi ialah jarak antara objek dengan background. Semakin jarak objek dengan background semakin jauh, kalau tidak diimbangi dengan power flash yang memadahi, maka gambar yang dihasilkan bakal gelap, seperti contoh diatas yang pertama. Jadi salah satu solusi saya, tambahkan external flash yang kedua, saya taruh dibelakang orang2 tersebut, saya set kekuatan penuh (kurang satu), mestinya pakai penuh bisa lebih bagus, cuma masalahnya kendala battery yang rechargenya agak makan waktu (kira2 bisa 5 detik, tergantung batterynya), apalagi motret anak2 butuh cepat, lain misalnya kalau menggunakan lampu foto studio, kan pakai power.
Bagaimana bila punya lebih dari 2 flash? itu malah lebih baik menurut saya, mengapa?
  1. lebih mudah untuk mengatur arah datangnya cahaya
  2. kekuatan flash tidak perlu terlalu besar, sehingga rechargenya bisa jauh lebih cepat, yang terpenting flash yang diarahkan ke objek keuatannya harus paling besar daripada flash2 yang lain
Jadi semakin banyak flash, maka hasil foto akan jauh lebih sempurna, mungkin bisa saja kalau lebih bisa dijadikan efek2 yang lain. Lalu bagaimana cara masangnya? Belilah lampu flash yang bisa syncronize ke flash lain. misalnya saja canon, untuk type 430 dan 580 sudah bisa sync, lalu yang flash lainnya bisa dibelikan yang murah2 aja, biar ngurangi ongkos, asalkan bisa sync dgn merek kamera yang anda punya. kalau punya dana lebih sih boleh aja beli canon lagi, karena flash yang bermerek dgn yang biasa hasilnya beda sih menurut saya, rasanya kalau yang merek2 china itu warnanya agak cenderung kasar, tapi kalau untuk fill in sih saya rasa ngga pa2, asal jangan dibuat main light (flash yg mengarah ke objek)
Tapi bagaimana seandainya saya hanya punya 1 flash atau cuma dari flash built in?
  1. kalau memang motret didalam ruangan, apalagi agak gelap, usahakan waktu motret jangan terlalu jauh dengan background, kalau memang backgroundnya merasa diperlukan
  2. usahakan cari atap plafon yang bewarna putih, karena putih sifatnya memantulkan cahaya.
Yah, sementara segini dulu deh, sebenarnya masih banyak yang bisa dipelajari dengan menggunakan flash yg lebih dari 1. Cuma kalau saya jelaskan disini maka topiknya menyimpang jauh. Ntar deh kalau ada waktu, lagipula saya juga baru2 belajar, pingin sih beli lagi, soalnya kalau cuma 2 terlalu minim sekali.

0 komentar to “Mengapa photo didalam ruangan, terkadang backgroundnya gelap??”

Posting Komentar

Powered By Blogger

Popular Posts

Thank you for visiting my blog, hopefully useful to us all